Detail Cantuman

Image of Wakaf Tunai Menurut Para Ulama Fikih dan Hukum Positif di Indonesia

Perbankan Syariah

Wakaf Tunai Menurut Para Ulama Fikih dan Hukum Positif di Indonesia



Wakaf tunai atau wakaf uang terjadi setelah masa Rasulullah, dimana tidak ada dalil yang menjelaskan secara terperinci terkait fenomena ini. Terjadi perbedaan ulama dalam menetapkan hukum wakaf tunai. Para ulama klasik berbeda pendapat mengenai hukum wakaf tunai. Sebagian ulama hanafiyyah, ulama hanabilah, ulama malikiyah membolehkan wakaf tunai, sedangkan ulama syafi’iyyah dan sebagian ulama hanafiyyah lainnya berpendapat wakaf tunai tidak boleh dilakukan. Namun, para ulama kontemporer cenderung sepakat bahwasannya boleh melaksanakan wakaf tunai. Di Indonesia wakaf tunai legal dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf. Adanya pelegalan wakaf tunai di Indonesia menandakan bahwasannya wakaf tunai boleh dilaksanakan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi pustaka yaitu mengkaji tentang pendapat para ulama klasik dan kontemporer terkait wakaf tunai serta pelaksanaan wakaf tunai di
Indonesia. Penulisan ini menghasilkan informasi mengenai hukum wakaf tunai menurut para ulama dan konsep serta pelaksanaan wakaf tunai di Indonesia.



Ketersediaan

SM 0529/18SM 0529/18DigitalTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SM 0529/18
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SM 0529/18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Memahami Gerakan Wakaf Tunai untuk Buku Sirah Melalui Komunitas Spirit Nabawiyah Community (SNC)id
Pengaruh Akuntabilitas Pengelolaan Wakaf Tunai dan Peran Nadzir Terhadap Tingkat Kepercayaan Muwakif di Indonesiaid
Potensi dan Manfaat Wakaf Tunai di Indonesiaid

Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.