Detail Cantuman

No image available for this title

Akuntansi Syariah

Analisis Efisiensi Kinerja Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA)



Efisiensi merupakan salah satu parameter untuk menilai kinerja suatu unit kegiatan ekonomi. Konsep efisiensi secara umum menjadi pembanding input yang ada dengan output yang dihasilkan. Efisiensi bank merupakan salah satu indikator penting untuk menganalisa performa suatu bank dan juga sebagai sarana untuk lebih meningkatkan efektifitas kebijakan moneter. Peningkatan fungsi intermediasi, efisiensi dan daya saing industri adalah dasar tujuan penguatan struktur perbankan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efisiensi relative perbankan syariah di Indonesia dengan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) berdasarkan fungsi intermediasi. Yang mana metode DEA merupakan suatu perhitungan non-parametrik yang dapat mengidentifikasi input atau output bank yang digunakan sebagai referensi/variabel serta dapat membantu untuk mencari penyebab ketidakefisienan suatu bank. Varibel input yang digunakan dalam penelitian ini adalah dana pihak ketiga, biaya tenaga kerja dan beban bagi hasil. Sedangkan variabel output yang digunakan adalah pembiayaan dan pendapatan operasional lainnya. Setelah itu dilakukan uji beda dengan menggunakan Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ke sebelas Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia terdapat sembilan bank yang berhasil meraih nilai efisien yang potensial. Juga terdapat perbedaan kenaikan dan penurunan aset antar periode tahun 2011-2013 dan 2014-2015.



Ketersediaan

S 449/16S 449/16Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 449/16
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 449/16
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Analisisi Komparatif Kinerja Bank Umum Syariah dengan Pendekatan Islamicity Performance Index (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri dan BRI Syariah Periode 2015-2019)id
Analsis Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia dengan Menggunakan Pendekatan Nilai Tambahid
Analisis Kinerja Bank Umum Syariah dengan Pendekatan Maqasid Index dan Sharia Conformity and Profitability (SCNP)id
Analisis efisiensi bank umum syariah (BUS) tahun 2012-2016 dengan metode data envelopment analysis (DEA)id
Data Envelopment Analysis (DEA): Super Efisiensi dan Analisis Sensitivitas pada Bank Umum Syariah di Indonesiaid

Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.