Detail Cantuman
Perbankan Syariah
Analisis Strategi Fundraising Badan Amil Zakat Nasional di Masa Pandemi Covid-19
Pandemi covid-19 yang berasal dari Wuhan China menyerang Indonesia pada maret 2020. Banyak hal yang terdampak, baik kesehatan secara nasional hingga kepada permasalahan ekonomi. Ditegah kondisi ini ternyata perolehan penghimpunan zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional Pusat justru menunjukkan kenaikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data diperoleh dengan cara wawancara dan dekumentasi. Seterusnya data diolah dengan metode Miles dan Hubermen. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Amil Zakat Nasional Pusat memfokuskan strategi fundraising kepada online atau biasa disebut digital fundraising dengan pola direct dan indairect Baznas gencar mengajak masyarakat untuk berzakat, infak dan sedekah/ berdonasi di tengah situasi pandemi covid-19. Terdapat 3 strategi yang diterapkan oleh baznas pusat yaitu ; 1) memperbanyak channel kemudahan berzakat, 2) meningkatkan awarness ajakan (iklan), 3) meningkatkan layanan muzakki/donatur. Pada tahun 2020 Baznas memiliki 6 channel digital platform berzakat dengan 80 mitra digital yang tersebar di seluruh indonesia. Selain itu baznas juga gencar mengajak muzakki untuk berzakat mealalui saluran-saluran Baznas seperti UPZ, Ritel, zakat Perusahaan, CSR dan zakat payroll system.
Ketersediaan
S 1005/20 | S 1005/20 | Rak Skripsi | Tersedia |
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
S 1005/20
|
Penerbit | STEI SEBI : Depok., 2020 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
S 1005/20
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
41602015
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Bismar Syahrizal Harahap
|
Versi lain/terkait
Lampiran Berkas
Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya
STEI SEBI REPOSITORY
Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.