Detail Cantuman

No image available for this title

Perbankan Syariah

Peran Perbankan Syariah Terhadap Usaha Mikro dan Usaha Kecil



Usaha mikro, kecil dan menengah merupakan perluasan pengertian usaha kecil dan menengah (UKM). Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu Negara ataupun daerah, tidak terkecuali Indonesia. Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki posisi penting, bukan saja dalam penyerapan tenaga kerja dan kesejahteraan masyarakat di daerah, dalam banyak hal mereka menjadi perekat dan menstabilkan masalah kesenjangan sosial. Karena pertumbuhan UMKM setiap tahunnya semakin meningkat. Pengembangan UKM perlu mendapatkan perhatian yang besar baik dari pemerintah maupun masyarakat agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Kebijakan pemerintah ke depan perlu diupayakan lebih kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya UKM. Pemerintah perlu meningkatkan perannya dalam memberdayakan UKM di samping mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dengan pengusaha kecil, dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusianya. Ada beberapa aspek yang dapat menjadi perhatian bagi umat
Islam di Indonesia. Pada bank konvensional, bank telah menetapkan benda-benda yang diperbolehkan sebagai jaminan. Sedangkan pada bank dengan sistem syariah, yang dijadikan jaminan adalah proyek yang dikerjakan secara bersama-sama antara bank sebagai pemilik modal dengan nasabah sebagai pengelola usaha. Selain itu bank syariah sama sekali tidak mengenal hal yang disebut dengan "bunga" yang dianggap riba dan hukumnya haram. Perbankan syariah adalah sebagai lembaga yang memberikan modal bagi perkembangan usaha mikro. Pembinaan dan pengembangan usaha kecil perlu memperhatikan klasifikasi dan tingkat pengembangan usaha kecil, tetapi dengan tetap menerapkan keluwesan dalam pembinaan sehingga tidak justru menghambat upaya pembinaan dan pengembangan dari usaha kecil (Dunia Usaha Kecil).



Ketersediaan

SM 0212/13SM 0212/13Rak Studi MandiriTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SM 0212/13
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SM 0212/13
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Pengaruh Pembiayaan terhadap Peningkatan Kinerja Anggota Usaha Mikro dan Kecil KSU Bina Usaha Sejahtera Depokid
Analisis Kesesuaian Laporan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Standar Akuntasi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Studi Kasus Kelompok Wanita Tani Prima jaya)

Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.