Detail Cantuman

No image available for this title

Perbankan Syariah

Penerapan Akad Pembiayaan Oleh Bank Syariah Pada Bisnis Cuci dan Salon Mobil (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri KCP Jatinangor)



Meningkatnya pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun berdampak kepada meningkatnya kesadaran pada masyarakat untuk membersihkan dan merawat kendaraannya. Dari segi industri jasa, bisnis cuci dan salon mobil menjadi salah satu industri bisnis otomotif yang cukup menjanjikan. Bertambahnya tempat-tempat cuci dan salon mobil dari tahun ketahun menunjukkan bahwa bisnis ini akan sukses menjadi industri bisnis yang sangat besar dan sangat potensial untuk terus dipertahankan. Melihat potensi yang begitu besar dari bisnis cuci dan salon mobil, diperlukan kemudahan bantuan atau fasilitas pembiayaan dari lembaga keuangan, khususnya lembaga keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akad apakah yang sesuai untuk membiayai bisnis cuci dan salon mobil, serta bagaimana model aplikasi pembiayaan untuk modal kerja pada pengembangan bisnis cuci dan salon mobil oleh bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk membuat deskripsi mengenai situasi–situasi atau kejadian tertentu sehingga diperoleh deskripsi yang sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta–fakta dan sifat populasi baik dari objek penelitian maupun literatur-literatur yang mendukung penelitian. Sehingga, mendapatkan akad yang sesuai dan dapat diterapkan bank syariah terhadap bisnis cuci dan salon mobil tersebut. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Akad murabahah menjadi Akad yang paling tepat untuk diterapkan pada pembiayaan modal kerja pada usaha cuci dan salon mobil. Model aplikasi pembiayaan pada akad murabahah adalah dengan mengajukan permohonan pembiayaan, memperhatikan ketentuan dan syarat Akad, membayar angsuran murabahah berupa harga pokok barang dan margin keuntungan



Ketersediaan

SM 0341/15SM 0341/15Rak Studi MandiriTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SM 0341/15
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SM 0341/15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.