Detail Cantuman

Image of Analisis Implementasi Fatwa DSN-MUI Nomor 75 Tahun 2009 tentang Kehalalan Barang atau Jasa yang Diperdagangkan pada Sistem Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (Studi Kasus Produk Vaporizer pada PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi)

Hukum Ekonomi Syariah

Analisis Implementasi Fatwa DSN-MUI Nomor 75 Tahun 2009 tentang Kehalalan Barang atau Jasa yang Diperdagangkan pada Sistem Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (Studi Kasus Produk Vaporizer pada PT. Bandung Eco Sinergi Teknologi)



Penjualan langsung berjenjang (Multi Level Marketing atau MLM) syariah adalah bisnis MLM yang menerapkan sistem operasionalnya berdasarkan pada prinsip-prinsip syariah. DSN-MUI menerbitkan Fatwa nomor 75 tahun 2009 tentang pedoman penjualan langsung berjenjang syariah (PLBS). Kehalalan produk menjadi bagian penting dalam PLBS. Fatwa lain yang membahas mengenai kehalalan produk yaitu fatwa MUI nomor 10 tahun 2018, Keputusan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. Vaporizer (rokok elektrik) adalah perangkat yang bekerja dengan memanaskan liquid atau cairan untuk menghasilkan uap yang dihirup oleh penggunanya. PP Muhammadiyah menerbitkan fatwa mengenai Vaporizer (rokok elektrik) yang tertuang dalam SK Nomor 01/PER/L1/E/2020 Tentang Hukum Rokok Elektrik. PT Bandung Eco Sinergi Teknologi (BEST) perusahaan yang menerapkan sistem PLBS. PT. BEST menjual berbagai macam produk salah satunya yaitu Vaporizer. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengandalkan teknik wawancara dan dokumen yang mendukung dalam analisis penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yaitu hukum Vaporizer yang diperdagangkan PT BEST sama seperti Vaporizer yang dijual pada umumnya karena menggunakan bahan yang sama dan berbahaya bagi kesehatan. Disarankan bagi PT BEST yang menerapkan sistem PLBS untuk tidak menjual produk yang haram baik dari zatnya maupun cara penggunaannya.



Ketersediaan

SKR 1815/24SKR 1815/24Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR 1815/24
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
71 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.