Detail Cantuman

Image of Transparansi Pengelolaan Zakat Menurut Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik pada LAZ Al-Haromain.

Hukum Ekonomi Syariah

Transparansi Pengelolaan Zakat Menurut Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik pada LAZ Al-Haromain.



Studi ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme transparansi pengelolaan zakat yang dilakukan oleh Lazis Al-Haromain dan untuk mengetahui apakah Lazis sudah melakukan transparansi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif-empiris yang membahas kesesuaian antara transparansi pengelolaan zakat di Lazis Al-Haromain dengan peraturan yang berlaku. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi dengan pihak Lazis Al-Haromain. Sedangkan data sekunder diperoleh dari Peraturan Perundang-undangan. Data-data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis untuk menemukan kesimpulan dan jawaban atas permasalahan. Kesimpulan penelitian ini adalah pertama, mekanisme transparansi Lazis Al-Haromain dilakukan dengan membagikan informasi kegiatan yang dilakukan secara aktif kepada masyarakat. Informasi disampaikan melalui berbagai media sosial, laman resmi serta majalah. Kedua, dalam melakukan transparansi pengelolaan zakat masih kurang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, khususnya dalam mengumumkan informasi mengenai laporan keuangan yang diaudit oleh kantor akuntan publik tidak diinformasikan secara rinci dan jelas.



Ketersediaan

SKR 1805/24SKR 1805/24Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR 1805/24
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
59 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.