Detail Cantuman

Image of Praktik Jual Beli Pakaian Bekas Ditinjau dari Hukum Negara dan Hukum Islam (Studi Kasus Toko Pakaian Bekas di Kota Depok)

Hukum Ekonomi Syariah

Praktik Jual Beli Pakaian Bekas Ditinjau dari Hukum Negara dan Hukum Islam (Studi Kasus Toko Pakaian Bekas di Kota Depok)



Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui praktik jual beli pakaian bekas. (2) Untuk mengetahui praktik jual beli pakaian bekas ditinjau dari hukum positif. (3) Untuk mengetahui praktik jual beli pakaian bekas ditinjau dari hukum islam beserta praktik khiyar aib di dalamnya.. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dalam konteks hukum positif di Indonesia. Larangan impor pakaian bekas diatur oleh Peraturan Menteri Perdagangan No. 40 Tahun 2022, revisi dari No. 18 Tahun 2021. Meskipun ada larangan, penjualan pakaian bekas terus diminati karena memberikan keuntungan lebih besar dan menjawab kebutuhan konsumen yang ingin memiliki produk unik. Hukum positif memberikan dasar tindakan hukum dengan sanksi administratif dan pidana sesuai Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014. Dalam konteks hukum Islam, praktik jual beli pakaian bekas di Kota Depok dianggap sah karena memenuhi rukun dan syarat jual beli, di mana masyarakat memiliki kebebasan dalam memilih pakaian sebelum transaksi. Namun, transaksi per bal antara agen dan penjual dianggap mengandung gharar karena ketidakpastian kualitas barang. Berdasarkan Pasal 285 Ayat 2 Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah, pembeli berhak mengembalikan barang dan mendapatkan pengembalian uang penuh.



Ketersediaan

SKR 1787/24SKR 1787/24Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR 1787/24
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
70 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.