Detail Cantuman

No image available for this title

Perbankan Syariah

Perbandingan Antara Wakaf Sosial dengan Wakaf Produktif Pada Tabungan Wakaf Indonesia Dompet Dhuafa



Telah terdapat banyak cara untuk merealisasikan pemberdayaan asset pada era modern, salah satunya dengan pemberdayaan wakaf asset dalam bentuk sosialbagi masyarakat. Lain halnya dengan wakaf produktif, wakaf produktif merupakan cara baru untuk menjadikan asset wakaf itu menghasilkan surplus, akan tetapi masyarakat baru sedikit yang tahu oleh karena itu peneliti tentang bagaimana perbandingan antara wakaf sosial dengan wakaf produktif. Tujuannya adalah agar masyarakat tahu dan tertarik untuk berwakaf tidak hanya dipakai untuk wakaf sosial, akan tetapi bisa digunakan untuk wakaf yang berpenghasilan dan surplusnya untuk dikembalikan kepada masyarakat itu sendiri. Metode yang penulis gunakan dalam penulisan ini adalah analisis kualitatif dan interpretasi data secara
deskriptif.Analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui gambaran tentang perbandingan wakaf sosial denganwakaf produktif yang ada di Tabung Wakaf Indonesia Dompet Dhuafa dengan menggunakan data primer atau wawancara langsung. Dana yang diserahkan kepada naziritu bisa untuk wakaf sosial, wakaf sosial pada Tabung Wakaf Indonesia adalah wakaf berupa dana atau asset yang digunakan untuk membangun Masjid, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma, Wisma Muallaf yang dananya tidak dijalankan untuk dikomersilkan kembali. Sedangkan dana wakaf produktif itu dipakai terlebih dahulu untuk dikelola dan diproduktifkan kembali sehingga mendapatkan surplus, dan surplusnya disalurkan untuk maukuf ‘alaih, reinvestasi, operasional dan nazir dengan bagian-bagian tertentu.



Ketersediaan

SM 0356/15SM 0356/15Rak Studi MandiriTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SM 0356/15
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SM 0356/15
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.