Detail Cantuman

Image of Analisis Peran Pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS) Terhadap Terjadinya Fraud dan Praktik Kepatuhan Syariah (Tinjauan Yuridis atas pasal 32 Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah)

Hukum Ekonomi Syariah

Analisis Peran Pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS) Terhadap Terjadinya Fraud dan Praktik Kepatuhan Syariah (Tinjauan Yuridis atas pasal 32 Undang-undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah)



Penyimpangan internal atau fraud yaitu tindakan tidak terhormat dan merupakan pelanggaran signifikan dalam industri keuangan. Pada lembaga keuangan seperti perbankan, penyimpangan internal dapat memicu dampak yang besar terhadap kelangsungan usaha, yang pada akhirnya dapat merugikan nasabah atau konsumen. Untuk mengontrol dan menjamin kepatuhan syariah maka diperlukan Dewan Pengawas Syariah untuk mengawasi kepatuhan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pengawasan yang dilakukan dewan pengawas syariah jika terjadinya tindakan fraud dan bagaimana peran pengawasan yang dilakukan dewan pengawas syariah terhadap praktik kepatuhan syariah. Penelitian ini merupakan kajian pustaka dengan metode deskriptif interpretative. Metode deskriptif interpretatif yang merupakan salah satu penelitian kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan penelitian hukum normatif atau penelitian kepustakaan merupakan penelitian yang mengkaji studi dokumen menggunakan data sekunder seperti peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh DPS secara umum sudah sesuai dengan syariah Islam dan sesuai dengan undang-undang, meskipun masih ditemukan adanya ketidakpatuhan berupa kecurangan-kecurangan (fraud). Upaya dalam mengatasi terjadinya fraud adalah meningkatkan efisiensi pengawasan, serta meningkatkan kebebasan untuk bertindak, DPS dapat diberikan kebebasan untuk bertindak tegas terhadap hasil pengawasannya.



Ketersediaan

SKR 1757/24SKR 1757/24Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR 1757/24
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
95 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.