Detail Cantuman

Image of Pengelolaan Dana Desa dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi Kasus Desa Wangunsari, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis)

Akuntansi Syariah

Pengelolaan Dana Desa dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi Kasus Desa Wangunsari, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana desa di Desa Wangunsari dan kesesuaian tema maqashid syariah dalam mengelola dana desa yang disalurkan oleh pemerintah ke Desa Wangunsari. Objek penelitian ini adalah Desa Wangunsari Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan diolah dengan metode thematic analysis sehingga menghasilkan temuan-temuan tema yang relevan. Hasil penelitian ini dari tema-tema yang ditemukan dinilai telah efektif sesuai dengan peraturan pemerintah, diantaranya yaitu: 1). Maksimalnya keterlibatan sekretaris desa; keterlibatan tokoh masyarakat dan masyarakat sangat maksimal. 2). Proses pencairan anggaran kegiatan terstruktur; terpenuhinya aspek pemberdayaan masyarakat. 3). Pencatatan transaksi kegiatan teratur dengan baik namun penggunaan aplikasi belum maksimal. 4). Kesesuaian anggaran dalam perencanaan. 5). Keefektifan penyesuaian program dalam setahun dan anggaran yang disalurkan sangat transparan. Serta pengelolaan dana desa di Desa Wangunsari telah sesuai dengan perspektif maqashid syariah, hal ini dibuktikan dengan temuan bahwa Desa Wangunsari menjadikan kemaslahatan umat (al-maslahah) dan keadilan (al-adalah) sebagai unsur yang paling penting, dimana hal tersebut telah mencakup lima prinsip maqashid syariah Imam al-Ghazali.



Ketersediaan

S 1696/24S 1696/24Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1696/24
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
77 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.