Detail Cantuman

Image of Analisis Kesesuaian Syariah Pada Perlindungan Konsumen Terhadap Kerugian Barang (Studi Kasus Pada e-Commerce Tokopedia)

Hukum Ekonomi Syariah

Analisis Kesesuaian Syariah Pada Perlindungan Konsumen Terhadap Kerugian Barang (Studi Kasus Pada e-Commerce Tokopedia)



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian syariah dalam konteks perlindungan konsumen pada platform E-commerce Tokopedia, dengan merujuk pada beberapa parameter kesesuaian syariah. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data utama dikumpulkan melalui eksperimen yang melibatkan pembelian proteksi gadget untuk memperoleh e-polis sebagai sumber dokumen data, sementara informasi tambahan diperoleh dari studi literatur melalui buku, jurnal, situs web, dan sumber-sumber lainnya. Dari hasil penelitian ini mengungkap bahwa berdasarkan analisis kesesuaian syariah pada perlindungan konsumen di E-commerce Tokopedia masih belum memenuhi prinsip-prinsip syariah karena menunjukkan bahwa perlindungan konsumen ini lebih cenderung menghasilkan dampak mafsadat daripada maslahat. Dalam analisis kesesuaian syariah, ditemukan beberapa pelanggaran terhadap prinsip-prinsip syariah, termasuk riba, gharar, dan maysir, serta ketidaksesuaian dengan prinsip-prinsip akad Islam dan adab-adab transaksi Islam dalam implementasinya.



Ketersediaan

S 1653/23S 1653/23Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1653/23
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
91 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.