Detail Cantuman

Image of Analisis Kepatuhan Syariah dan Regulasi dalam Pendayagunaan Dana Zakat Mal dan Infak pada Skema Qardhul Hasan (Studi Kasus Koperasi Konsumen Mpok Iis)

Hukum Ekonomi Syariah

Analisis Kepatuhan Syariah dan Regulasi dalam Pendayagunaan Dana Zakat Mal dan Infak pada Skema Qardhul Hasan (Studi Kasus Koperasi Konsumen Mpok Iis)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui skema pendayagunaan dana zakat mal dan infak qardhul hasan dari LAZ Zakat Sukses ke Koperasi Konsumen MPOK IIS dan menganalisis kesesuaian syariah terhadap pendayagunaan dana zakat mal dan infak dari LAZ Zakat Sukses ke Koperasi Konsumen MPOK IIS berdasarkan parameter kesesuaian syariah; terhindar dari transaksi yang dilarang, etika bisnis Islam, kaidah fikih, sesuai dengan akad atau transaksi syariah, rukun dan syarat akad qardhul hasan, dan maqashid syariah. Metode penelitian kualitatif deskriptif menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan skema pendayagunaan dana zakat maal dan infaq bertujuan untuk memberdayakan mustahik secara finansial, memberikan edukasi tentang koperasi dan kedisiplinan, serta meningkatkan pemahaman agama dan usaha. Penelitian ini menunjukkan bahwa skema tersebut berpotensi menciptakan dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan, menghasilkan perubahan yang signifikan dalam aspek ekonomi, sosial, dan spiritual bagi ibu-ibu penerima manfaat. Berdasarkan analisis kesesuaian syariah program qardh dalam pendayagunaan dana zakat mal dan infak di Koperasi Konsumen MPOK IIS sudah sesuai dari parameter kesesuaian syariah.



Ketersediaan

S 1636/23S 1636/23Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1636/23
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
80 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.