Detail Cantuman

Image of Mengurai Riset Bibliometrik Halal: Analisis Bibliometrik dan Systematic Literature Review

Perbankan Syariah

Mengurai Riset Bibliometrik Halal: Analisis Bibliometrik dan Systematic Literature Review



Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan riset bibliometrik halal. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu 69 artikel yang terindeks Google Scholar pada tahun 2018 – 2023. Metode penelitian menggunakan bibliometrik dan SLR. Data divisualisasikan menggunakan VOSviewer. Hasil analisis menunjukan sebaran riset dimulai tahun 2018 oleh Olcay, A., dkk. dengan fokus penelitian pada pariwisata halal. Puncak riset terjadi pada tahun 2022 dengan total 32 publikasi. Sebanyak 60 artikel disajikan dalam bahasa Inggris. Penulis paling produktif adalah Rusydiana, A.S. dengan 9
artikelnya. Jurnal paling produktif adalah Halal Tourism and Pilgrimage dengan 5 artikel. Indonesia merupakan negara terproduktif dengan 42 artikel. Adapun penulis terpopuler adalah Rejeb A., Rejeb K., dan Zailani S. dengan 88 sitasi dari 3 artikel. Indonesia menjadi negara terpopuler dengan perolehan 198 sitasi. Artikel terpopuler yang mendapatkan 82 sitasi ditulis oleh Secinaro S. dan Calandra D. membahas structured literature review serta research agenda pada makanan halal. Tren riset digambarkan melalui 3 visualisasi, yaitu network, density, dan overlay. Berdasarkan analisis terdapat 18 topik tentang bibliometrik halal yang perlu dikaji lebih lanjut. 10 tema yang masih relevan dengan tahun terbaru, serta 10 tema yang masih sedikit dibahas. Sedangkan, berdasarkan analisis SLR dari penelitian terbaru terdapat 36 tema yang dapat dijadikan riset selanjutnya.



Ketersediaan

S 1611/23S 1611/23Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1611/23
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
112 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.