Detail Cantuman

Image of Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Rumah Sakit RST Dompet Dhuafa Bogor dalam Pandangan Fikih Lingkungan

Akuntansi Syariah

Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan pada Rumah Sakit RST Dompet Dhuafa Bogor dalam Pandangan Fikih Lingkungan



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan akuntansi lingkungan di rumah sakit RST Dompet Dhuafa Bogor dalam pandangan fikih lingkungan. Objek dalam penelitian ini adalah rumah sakit RST Dompet Dhuafa Bogor. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan menjelaskan penerapan akuntansi lingkungan di RST Dompet Dhuafa Bogor dalam pandangan fikih lingkungan. Sumber data menggunakan data primer dan sekunder yaitu berupa wawancara, observasi dan dokumentasi yang di peroleh dari data internal rumah sakit. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwasanya RST Dompet Dhuafa sudah menerapkan akuntansi lingkungan dengan dikeluarkannya biaya-biaya lingkungan. Penerapan akuntansi lingkungan di RST Dompet Dhuafa merupakan implementasi prinsip-prinsip dasar fikih lingkungan. pengeluaran biaya pemeliharaan lingkungan dan biaya pengelolaan limbah rumah sakit sebagai wujud dari implementasi perlindungan jiwa dan raga (hifdh al-nafs. Selain itu biaya pengelolaan IPAL, biaya pengelolaan limbah rumah sakit dan biaya pest control merupakan wujud dari menjaga dan menegakkan keselarasan ekosistem dan keseimbangannya. Adapun biaya untuk jasa uji lab, uji kualitas air pada IPAL, jasa pengangkutan limbah, jasa evaluasi limbah, jasa gardener, jasa cleaning service dan jasa maintenance merupakan wujud dari tanggung jawab atas pengelolaan alam dan kelestariannya.



Ketersediaan

S 1606/23S 1606/23Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1606/23
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
78 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.