Detail Cantuman

Image of Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktik Transaksi Layanan Kesehatan dengan Sistem Penukaran Sampah Daur Ulang (Studi Kasus Rumah Sehat Salam Aid Kota Bogor)

Hukum Ekonomi Syariah

Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktik Transaksi Layanan Kesehatan dengan Sistem Penukaran Sampah Daur Ulang (Studi Kasus Rumah Sehat Salam Aid Kota Bogor)



Skripsi ini membahas tentang Praktik Tranaskasi Layanan Kesehatan dengan Sistem Pembayaran Sampah daur ulang di Rumah Sehat Salam Aid, Kota Bogor: Perspektif Fikih Muamalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa praktik penukaran sampah dengan layanan kesehatan pada Rumah Sehat Salam Aid dalam perspektif fikih muamalah. Metode penilitian kualitatif menggunakan metode field research dengan melakukan perbandingan antara implementasi lapangan dan kesesuaian dalam syari’ah. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan memaparkan apa adanya dengan menggunakan teknik deskriptif dan komparatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Praktik Tranaskasi Layanan Kesehatan dengan sistem Pembayaran Sampah di Rumah Sehat Salam Aid Kota Bogor tersebut menukarkan sampah daur ulang dengan layanan kesehatan. Ditinjau pada perspektif fikih muamalah, transaksi layanan kesehatan dengan sistem pembayaran sampah daur ulang yang dilakukan oleh Rumah Sehat Salam Aid apabila didasari kerelaan, suka sama suka, rela antara pihak salam aid dan pasien maka tidak ada masalah, hal ini diperbolehkan. Oleh sebab itu sahnya transaksi ketika kedua belah pihak saling ridha dan rela. Peneliti menilai bahwa pada dasarnya hukum Islam memperbolehkan semua praktik jual beli yang dapat memberikan manfaat. Dengan demikian, jika ada pasien atau pihak pengelola kecewa, maka transaksi fasid atau batal.



Ketersediaan

S 1541/23S 1541/23Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1541/23
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
xiv, 94 hlm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.