Detail Cantuman

Image of Tinjauan Hukum Islam dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Mystery Box pada e-Commerce Lazada (Studi Kasus Toko Control Pest Distribution)

Perbankan Syariah

Tinjauan Hukum Islam dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Mystery Box pada e-Commerce Lazada (Studi Kasus Toko Control Pest Distribution)



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjaun hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terhadap jual beli mystery box di e-commerce Lazada. Objek penelitian ini adalah toko control pest distribution, selaku mitra dari Lazada yang menjual produk mystery box. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hukum Islam memandang praktik jual beli mystery box adalah hal yang dilarang karena tidak memenuhi rukun dan syarat jual beli dan jual beli ini mengandung unsur Gharar, tadlis, dan maysir. Selain itu Jual beli mystery box pada toko control pest distribution menunjukan bahwa jual beli dengan sistem mystery box adalah suatu hal yang melanggar, hal ini disebabkan karena jual beli ini belum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 karena tidak adanya hak untuk memilih barang dan tidak ada kompensansi ganti rugi yang diberikan apabila terjadi kerugian pada konsumen.



Ketersediaan

S 1516/23S 1516/23Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1516/23
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
60 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.