Detail Cantuman

Image of Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat Menggunakan Accountability Index for Zakat Management Institutions (Komparasi BAZNAS dan LAZNAS Dompet Dhuafa)

Akuntansi Syariah

Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat Menggunakan Accountability Index for Zakat Management Institutions (Komparasi BAZNAS dan LAZNAS Dompet Dhuafa)



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran tingkat indeks akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) BAZNAS dan LAZNAS Dompet Dhuafa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan ukuran tingkat indeks akuntabilitas OPZ BAZNAS dan LAZNAS Dompet Dhuafa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis komparatif. Teknik analisis menggunakan analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks akuntabilitas OPZ pada BAZNAS diperoleh nilai sebesar 84,74 persen. Nilai indeks tersebut berdasarkan perhitungan dari setiap nilai dimensi dan indikator di dalamnya, yaitu terdapat pada satu indikator dalam setiap masing-masing dimensi keuangan, kinerja dan tata kelola yang belum terpenuhi oleh BAZNAS. Sedangkan, hasil perhitungan indeks akuntabilitas OPZ pada LAZNAS Dompet Dhuafa diperoleh nilai sebesar 83,22 persen. Nilai indeks tersebut berdasarkan perhitungan dari setiap nilai dimensi dan indikator di dalamnya, yaitu terdapat pada satu indikator dalam dimensi keuangan, dua indikator pada dimensi kinerja, satu indikator pada dimensi informasi publik dan satu indikator pada dimensi tata kelola belum terpenuhi oleh LAZNAS Dompet Dhuafa. Perbandingan nilai indeks akuntabilitas OPZ antara BAZNAS dan LAZNAS Dompet Dhuafa menunjukkan bahwa BAZNAS lebih tinggi daripada LAZNAS Dompet Dhuafa dengan selisih 1,52 persen. Hal ini berarti, secara ukuran indeks akuntabilitas OPZ BAZNAS lebih akuntabel dibandingkan LAZNAS Dompet Dhuafa.



Ketersediaan

S 1456/23S 1456/23Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1456/23
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
80 hlm.
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.