Detail Cantuman

Image of Tinjauan Fikih Mumamalah Terhadap Pelaksanaan Muzara’ah di Desa Tanjungjaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis

Hukum Ekonomi Syariah

Tinjauan Fikih Mumamalah Terhadap Pelaksanaan Muzara’ah di Desa Tanjungjaya Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan fikih mu’amalah terhadap pelaksanaan muzara’ah antara pemilik lahan dengan pengelola di Desa Tanjungjaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, metode ini digunakan karena cocok dan relevan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Praktek bagi hasil di Desa Tanjungjaya adalah kesepakatan antara pemilik lahan dengan penggarap untuk dikelola lahannya dengan persentase bagi hasil tertentu sesuai dengan sumber modal dalam kerjasama ini. Akad bagi hasil di Desa Tanjungjaya jika dianalisis dalam fikih Mu’amalah sudah sesuai dengan syariat Islam karena akad sudah memenuhi rukun dan syaratnya. Kesesuaian itu tidak didasarkan pada hal-hal yang dilarang oleh syariat Islam. Adapun hal-hal yang belum ada ketentuannya, maka berpatokan pada kaidah bahwa adat/kebiasaan bisa dijadikan sebagai rujukan hukum selama adat/kebiasaan tersebut tidak bertentangan dengan syariat.



Ketersediaan

S 1454/23S 1454/23Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1454/23
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
xv, 91 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKR
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.