Detail Cantuman

Image of Pengukuran Indeks Transparansi Organisasi Pengelola Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten/Kota di Jawa Barat

Akuntansi Syariah

Pengukuran Indeks Transparansi Organisasi Pengelola Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten/Kota di Jawa Barat



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indeks transparansi pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Sampel penelitian ini adalah BAZNAS Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang terdaftar dalam data resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) BAZNAS yang diambil dengan metode purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan berdasarkan hasil jawaban kuesioner dari BAZNAS Kota Bandung, BAZNAS Kabupaten Garut, BAZNAS Kabupaten Ciamis, dan BAZNAS Kabupaten Karawang serta dokumen yang tersedia. Data diolah dengan perhitungan yang dinamakan Multi-Stage Weight Index. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai total Indeks Transparansi Organisasi Pengelola Zakat yaitu 0,84 untuk BAZNAS Kota Bandung, 0,86 untuk BAZNAS Kabupaten Garut, 0,90 untuk BAZNAS Kabupaten Ciamis, dan 0,75 untuk BAZNAS Kabupaten Karawang. Hasil pengukuran dengan indeks tertinggi berdasarkan ketiga dimensi yaitu: dimensi keuangan oleh BAZNAS Kabupaten Ciamis, dimensi manajemen oleh BAZNAS Kota Bandung, dan dimensi program oleh BAZNAS Kabupaten Garut dan BAZNAS Kabupaten Ciamis. Hasil pengukuran indeks transparansi menunjukkan BAZNAS Kota Bandung, BAZNAS Kabupaten Garut, dan BAZNAS Kabupaten Ciamis mendapatkan kategori transparan. Sedangkan BAZNAS Kabupaten Karawang mendapatkan kategori cukup transparan. Jika dikaitkan dengan penerimaan dana zakat, perolehan total ITRANS OPZ yang tinggi tidak menentukan akan menghasilkan pertumbuhan penerimaan dana zakat yang selalu tinggi.



Ketersediaan

S 1436/23S 1436/23Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1436/23
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
xvii : 120 Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKRIPSI
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.