Detail Cantuman

Image of Tinjauan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Pembiayaan Bank Wakaf Mikro (Studi Kasus Bank Wakaf Mikro Pondok Karya Pembangunan)

Hukum Ekonomi Syariah

Tinjauan Penerapan Prinsip Syariah Terhadap Pembiayaan Bank Wakaf Mikro (Studi Kasus Bank Wakaf Mikro Pondok Karya Pembangunan)



Kehadiran bank wakaf mikro di tengah lingkungan masyarakat tentu sangat membantu perekonomian mereka dikarenakan pembiayaan yang dilakukan tanpa agunan serta tanpa bunga. Penggunaan akad qard yang diterapkan oleh Bank Wakaf Mikro Pondok Karya Pembangunan ini terdapat mekanisme penyaluran dana yang dilakukan dengan menerapkan akad qard yang sistemnya tanpa mengambil keuntungan dari pembiayaan yang dilakukan. Metode penelitian yang peneliti pakai adalah jenis metode kualitatif dengan menggunakan penelitian field research yaitu suatu penelitian dengan cara terjun langsung kelokasi penelitian untuk memperoleh data yang berkaitan dengan masalah yang dibahas serta menggunakan bahan-bahan kepustakaan sebagai sumber data penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa praktik penerapan akad qardh pada Bank Wakaf Mikro Pondok Karya Pembangunan dengan instrumen Fatwa DSN MUI No 19 tahun 2001 tentang akad qardh. Pada hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada praktek pembiayaan yang dilakukan BWM Pondok Karya Pembangunan ditinjau dari fatwa No.19/DSN-MUI/IV/2001 tentang al-qardh telah sesuai dengan apa yang telah diatur dalam Fatwa DSN MUI. Kesesuian ini dikarenakan pengunaan akad qardh sebagai akad pembiayaan yang mengembalikan dana sesuai dengan jumlah pokok pinjaman.



Ketersediaan

S 1430/22S 1430/22Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1430/22
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 1430/22
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.