Detail Cantuman

Image of Analisis Fikih Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli Barang Rongsokan (Studi Kasus pada Lapak Pengepul Barang Rongsokan di Desa Jayasampurna Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi)

Hukum Ekonomi Syariah

Analisis Fikih Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli Barang Rongsokan (Studi Kasus pada Lapak Pengepul Barang Rongsokan di Desa Jayasampurna Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi)



Praktik jual-beli di Indonesia yang variatif bentuk dan skemanya menjadikan banyak masyarakat Indonesia terjun ke dalam dunia praktik bisnis jual-beli. Dari banyak jual-beli tersebut, jual-beli barang rongsokan menjadi daya tarik bagi masyarakat meskipun secara dzahir terlihat kumuh dan kotor bendanya di Indonesia. Konteks Pembahasan di sini lebih merinci kepada bisnis lapak pengepul barang rongsokan di Desa Jayasampurna Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Bagaimana praktik jual-beli lapak pengepul barang rongsokan di Desa Jayasampurna Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi jika ditinjau berdasarkan fikih muamalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menghasilkan beberapa poin sebagai berikut : 1. Praktik jual-beli lapak pengepul barang rongsokan menggunakan sistem timbangan dan untuk akad antara pihak pemilik lapak dengan karyawannya berupa qardh yaitu pinjaman modal harian seperti fasilitas, dan akad yang di gunakan pihak lapak ke eksternal merupakan akad jual-beli, 2. Berdasarkan tinjauan fikih muamalah terhadap praktik jual beli rongsokan di lapak pengepul memenuhi rukun dan syarat akad Jual Beli, sesuai dengan rukun dan syarat jual beli, 10 asas akad kompilasi hukum ekonomi syariah, memenuhi kaidah fikhiyah serta 3 ketentuan pada fatwa DSN-MUI No. 110 tentang jual-beli dan yang ada.



Ketersediaan

S 1385/22S 1385/22Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1385/22
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 1385/22
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.