Detail Cantuman

Image of Pemenuhan Kepatuhan Syariah dalam Penerapan Akad Musyarakah pada Penghimpunan Dana Koperasi Syariah (Studi Kasus Koperasi Syariah Abdi Kerta Raharja)

Hukum Ekonomi Syariah

Pemenuhan Kepatuhan Syariah dalam Penerapan Akad Musyarakah pada Penghimpunan Dana Koperasi Syariah (Studi Kasus Koperasi Syariah Abdi Kerta Raharja)



Peran Koperasi Syariah yang membantu dalam meningkatkan PDB akan menjadi sangat berdampak pada isu yang terkait dengan kepatuhan syariah, khusunya pada akad musyarakah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa praktik penerapan akad musyarakah pada Koperasi Syariah Abdi Kerta Raharja dengan instrument Fatwa DSN MUI No. 114 tahun 2017 tentang Akad Syirkah. Metode penilitian menggunakan metode field research serta kajian pustaka, dengan melakukan perbandingan antara implementasi lapangan dan ketentuan dalam fatwa. Mendapatkan hasil berupa ketidaksesuaian antara implementasi dengan fatwa yaitu, sistem pembagian keunuang tidak tertulis jelas dalam kontrak, kedudukan para pihak tidak tercantum, tidak ada ketentuan nisbah bagi hasil dan mencantumkan presentase keuntungan yang identik dengan bunga.



Ketersediaan

S 1383/22S 1383/22Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1383/22
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 1383/22
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.