Detail Cantuman

Image of Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Mustahik di Kota Serang dalam Program Kelompok Keuangan Mikro (Studi Kasus LAZ Harfa Banten)

Perbankan Syariah

Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Mustahik di Kota Serang dalam Program Kelompok Keuangan Mikro (Studi Kasus LAZ Harfa Banten)



Zakat menjadi salah satu instrumen pemerintah dalam menangani kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan sosial. Di kota Serang sendiri angka kemiskinan masih terbilang tinggi dibandingankan dengan kota-kota lain yang ada di provinsi Banten yaitu 6,06 %. Oleh karena itu, melalui LAZ Harfa, para UMKM dapat menerima bantuan berupa modal usaha melalui program Kelompok Keuangan Mikro (KKM). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif Deskriptif untuk menganalisis pendayagunaan zakat produktif yang ada di LAZ harfa Banten. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Dan analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pendayagunaan zakat produktif yang ada di LAZ Harfa dan apakah ada peningkatan pendapatan setelah menerima bantuan zakat produktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pendapatan usaha mustahik meningkat meski tidak banyak, namun para mustahik yang merasakan banyak manfaat tersebut begitu bersyukur dan banyak belajar, karena selain mendpatakan modal usaha mustahik juga diberikan bimbingan mengenai usaha dan tausyiah keagamaan, sehingga bukan hanya dari segi ekonominya saja yang meningkat tapi juga dari segi ruhiyah dan ibadahnya.



Ketersediaan

S 1260/22S 1260/22Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1260/22
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 1260/22
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.