Detail Cantuman

Image of Analisis Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia Menggunakan Metode SCnP dan Sharia Maqashid Index Selama Covid-19 (2020-2021)

Perbankan Syariah

Analisis Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia Menggunakan Metode SCnP dan Sharia Maqashid Index Selama Covid-19 (2020-2021)



Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia selama Covid-19 (2020 – 2021) dengan menggunakan metode Sharia Conformity and Profitability (SCnP) dan Sharia Maqashid Index (SMI). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder yaitu laporan publikasi pada triwulan 2020 – 2021. Subjek penelitian yang digunakan adalah 7 Bank Umum Syariah di Indonesia. Hasil pengukuran kinerja berdasarkan Sharia Maqashid Index (SMI) didapatkan bahwa Bank Panin Dubai Syariah menempati peringkat pertama dengan rentang indeks 29,130 – 33,280 dan MS (Maybank Syariah) yang berada pada peringkat kedua dengan rentang indeks 25,414 – 26,765. Hasil pengukuran kinerja berdasarkan Sharia Conformity and Profitability (SCnP) menunjukkan rata-rata BUS berada pada kuadran URQ (Upper Right Quadrant), yang berarti dalam periode tersebut bank syariah sampel berhasil mempertahankan kinerja yang baik dengan tingkat kesesuaian syariah serta profitabilitas yang tinggi. Hasil perbandingan kinerja keuangan syariah berdasarkan SCnP dan SMI menunjukkan bahwa bank umum syariah yang berada pada posisi kuadran terbaik yaitu kuadran URQ (Upper Right Quadrant) belum tentu sudah maksimal berperan dalam menciptakan kemaslahatan.



Ketersediaan

S 1227/22S 1227/22Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1227/22
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 1227/22
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.