Detail Cantuman

Image of Keuangan Mikro Syariah dan Pemberdayaan UMKM Berbasis Perempuan dalam Upaya Mengurangi Kemiskinan (Studi pada KSPPS Baytul Ikhtiar Bogor)

Manajemen Bisnis Syariah

Keuangan Mikro Syariah dan Pemberdayaan UMKM Berbasis Perempuan dalam Upaya Mengurangi Kemiskinan (Studi pada KSPPS Baytul Ikhtiar Bogor)



Kemiskinan merupakan masalah yang telah mengakar dalam masyarakat. Salah satu upaya mengurangi kemiskinan adalah dengan memberdayakan UMKM lewat Lembaga Keuangan Mikro karena dapat secara langsung menyentuh grass root. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola dan peran pemberdayaan UMKM berbasis perempuan terhadap upaya mengurangi kemiskinan yang dilakukan oleh KSPPS Baytul Ikhtiar. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan KSPPS Baytul Ikhtiar mengadopsi pola pemberdayaan Grameen Bank yang dimodifikasi dengan sedemikian rupa dengan prinsip-prinsip syariah, sehingga terciptalah model pemberdayaan perempuan dengan model Grameen Syariah. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan ada 3 peran utama KSPPS Baytul Ikhtiar dalam upaya pengentasan kemiskinan, yaitu memberikan akses permodalan, memberikan akses pendampingan, dan memberdayakan perempuan serta keluarganya.



Ketersediaan

S 1166/21S 1166/21Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 1166/21
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 1166/21
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Dampak Pembiayaan Modal Kerja terhadap Kesejahteraan Nasabah Perempuan di BMTid
Dampak Sosial Ekonomi Pembayaran Mikro Komersial Khusus Perempuan dalam Perspektif Syariahid
Evaluasi Pelaksanaan Pembiayaan KP2UH (Kelompok Persaudaraan Perempuan Usaha Huwaiza) Tahun 2015 Pada KSU Syariah Huwaiza Kota Depokid

Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.