Detail Cantuman

Image of Potensi Wakaf Tunai dengan Sistem Crowdfunding

Perbankan Syariah

Potensi Wakaf Tunai dengan Sistem Crowdfunding



Wakaf tunai adalah instrumen keuangan Islam yang sangat berpengaruh besar bagi sejarah peradaban Islam. Penggunaannya yang sangat fleksibel memungkinkan wakaf dapat dilakukan oleh siapapun tanpa harus menunggu
menjadi orang kaya. Indonesia merupakan negara yang sangat potensial dalam pengembangan wakaf tunai. Dengan jumlah umat muslim terbanyak dan tingkat kedermawanan masyarakat yang tinggi merupakan basis kekuatan tersendiri. Selanjutnya mengenai fenomena penggalangan dana berbasis internet disebut crowdfunding. Dalam tulisan ini dijelaskan bahwa potensi wakaf tunai melalui sistem crowdfunding, hasilnya adalah penggalangan wakaf tunai menggunakan sistem crowdfunding meningkat sangat signifikan. Dengan melihat wakaf tunai yang terjadi dalam platform crowdfunding kitabisa.com, I-wakaf.org dan wakafquran.org. kendati demikian penggalangan wakaf tunai melalui sistem crowdfunding memiliki resiko, seperti pengorganisasian biaya wakaf, kejahatan berbasis cybercrime, lemahnya kekuatan hukum dan kepercayaan.



Ketersediaan

SM 0570/18SM 0570/18DigitalTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SM 0570/18
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SM 0570/18
Tipe Isi
Digital
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.