Detail Cantuman

No image available for this title

Akuntansi Syariah

Penerapan Prinsip Ecotheology Islam pada Akuntansi Lingkungan



Penelitian ini bertujuan memaparkan pentingnya menerapkan prinsip ecotheology Islam pada akuntansi lingkungan. Di dalam al-Qur`an dijelaskan bahwa manusia diciptakan sebagai khalifah di muka bumi. Dalam hal ini, penugasan sebagai khalifah dari Allah SWT untuk menjaga bumi harus dilaksanakan sesuai dengan kehendak penciptanya. Bumi yang
dihuni manusia sekarang ini tengah dilanda krisis lingkungan yang bersifat global. Untuk merespon krisis itu, muncul kesadaran baru dalam menanggulangi krisis lingkungan dengan menggali prinsip-prinsip agama, yang kemudian disebut dengan istilah ecotheology. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data studi literatur pustaka. Hasil dari penetian ini menunjukkan bahwa dengan berlandaskan pada prinsip triple bottom line saja, sudah banyak perusahan-perusahaan yang dapat melaksanakan akuntansi lingkungan dengan baik. Seharusnya, dengan diiringi dengan penerapan prinsip ecotheology Islam, perusahaan diharapkan bisa mendapatkan hasil maksimal yang tidak hanya fokus pada visi duniawi saja, namun juga mementingkan orientasi ukhrawi dalam pelaksanaannya.



Ketersediaan

SM 0597/18SM 0597/18Rak Studi MandiriTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SM 0597/18
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SM 0597/18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.