Detail Cantuman

No image available for this title

Akuntansi Syariah

Analisis Kinerja Keuangan Badan Amil Zakat Nasional: Studi Laporan Keuangan Tahun 2004-2013



Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memiliki tanggung jawab besar memegang kepercayaan pemerintah dan masyarakat terhadap pengelolaan zakat di Indonesia. Permasalahannya adalah bagaimana kinerja keuangan BAZNAS?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan BAZNAS dengan menggunakan teknik analisis rasio keuangan. Analisis rasio keuangan ini menggunakan dua model rasio yaitu rasio dari penelitian Ritchie & Kolodinsky (2003) untuk organisasi nirlaba dan rasio yang diajukan PEBS-FE UI & IMZ (2011) untuk lembaga zakat. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan BAZNAS selama rentang periode 2004 sampai 2013. Komponen dari rasio yang digunakan adalah sepuluh rasio, yaitu lima rasio Ritchie & Kolodinsky dan lima rasio PEBS-FE UI & IMZ. Hasil dari penelitian berdasarkan rasio Ritchie & Kolodinsky, kelima rasio ini menunjukan kinerja keuangan BAZNAS selama sepuluh tahun terakhir dinyatakan baik. Berdasarkan rasio PEBS-FE UI & IMZ, dua dari rasio ini menunjukan kinerja keuangan BAZNAS selama sepuluh tahun berada pada kondisi tidak baik, yakni rasio perolehan dana khusus zakat dan rasio biaya operasional. Sedangkan ketiga rasio yang menunjukan kinerja baik yakni rasio pertumbuhan perolehan dana khusus zakat, rasio biaya program (penyaluran dana kepada mustahik) dan rasio pertumbuhan biaya program (penyaluran dana kepada mustahik).



Ketersediaan

S 316/14S 316/14Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 316/14
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 316/14
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Analisis Kinerja Keuangan Organisasi Pengelola Zakat (Studi Kasus Pada BAZNAS Provinsi Banten)id
Analisis Kinerja Keuangan Berdasarkan Rasio Keuangan berdasarkan Rasio Keuangan Early Warning System pada Perusahaan Asuransi ABCid

Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.