Detail Cantuman

No image available for this title

Akuntansi Syariah

Pengaruh Kebijakan Publik dan Pemahaman Muzakki Terhadap Keputusan Muzakki Dalam Penyaluran Zakat



Berdasarkan hasil dari BAZNAS, perolehan zakat yang didapat sebesar 0,11% dari total potensi zakat yang ada maka masih ada 99,89% potensi yang masih harus digali. Perolehan zakat yang tercatat dan dihitung oleh BAZNAS hanya diperoleh dari UPZ dan LAZ di Indonesia, sedangkan zakat yang terkumpul di masjid sekitar tidak ikut terhitung. Padahal masih banyak masyarakat Indonesia yang menyalurkan zakatnya melalui non lembaga zakat seperti masjid atau langsung kepada mustahik. Bila dana zakat tersebut ikut dihitung oleh BAZNAS, maka potensi zakat yang masih
belum tergali akan perlahan akan memambah total perolehan zakat di Indonesia. Berawal dari sini, penulis memutuskan untuk mencari tahu apa faktor yang paling mempengaruhi keputusan muzakki dalam penyaluran zakat. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah kebijakan publik dan pemahaman muzakki. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada muzakki se Jabodetabek. Selanjutnya data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menyebutkan bahwa kebijakan publik dsn pemahaman muzakki berpengaruh terhadap keputusan muzakki dalam penyaluran zakat baik secara sendiri maupun bersama-sama. Hasil ini telah sesuai dengan perkataan Yusuf Qardhawi yangn menyebutan bahwa pelaksanaan zakat bergantung kepada pengawasan pemerintah dan dorongan hati nurani seorang muslim.



Ketersediaan

S 426/16S 426/16Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 426/16
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 426/16
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.