Detail Cantuman

No image available for this title

Akuntansi Syariah

Hubungan Praktik Audit Syariah di Indonesia dengan Tingkat Kepercayaan Stakeholder pada Lembaga Keuangan Syariah



Lembaga keuangan Syariah (LKS) saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat sejak beberapa tahun belakangan. Perkembangan ini memunculkan isu mengenai kepatuhan syariah di LKS dan kebutuhan akan fungsi audit baru, yaitu audit syariah yang bertugas memastikan akuntabilitas dari laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen dan juga memastikan aspek syariah telah terpenuhi dengan sempurna oleh LKS. Karena kegagalan menjalankan kepatuhan syariah akan mengakibatkan hilangnya kepercayaan stakeholder pada LKS bahkan Islam itu sendiri.
Maka dari itu, penelitian ini akan membahas mengenai praktik audit syariah di Indonesia dan hubungannya dengan tingkan kepercyaan stakeholder pada LKS. Pembahasan mengani praktik audit syariah tersebut difokuskan pada empat isu utama audit syariah, yaitu kerangka kerja, ruang lingkup, kualifikasi dan independensi auditor syariah. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode survey, berupa penyebaran kuesioner yang diukur dengan skala likert kepada tiga kelompok resopnden (DPS/internal auditor, eksternal auditor, mahasiswa/i jurusan akuntansi syariah) untuk melihat
tanggapan responden terhadap praktik audit syariah di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kepercayaan mereka pada LKS. Alat analisis yang digunakan untuk menguji tanggapan responden tersebut adalah Uji ChiSquare menggunakan SPSS 22. Penelitian tersebut menghasilkan bahwa praktik audit syariah di Indonesia telah berjalan dengan baik dan praktik audit syariah tersebut memiliki hubungan yang signifkan positif dengan tingkat kepercayaan stakeholder pada LKS.



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.