Detail Cantuman

No image available for this title

Akuntansi Syariah

Pengaruh Motivasi, Pengetahuan Akuntansi, dan Religiusitas Terhadap Kualitas Lulusan Program Studi Akuntansi Syariah



Seiring dengan semakin berkembangnya dunia ekonomi dan bisnis, maka daya saing pun semakin meningkat. Peningkatan daya saing tersebut mengharuskan lembaga pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas lulusannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, pengetahuan akuntansi, dan religiusitas terhadap kualitas lulusan pada program studi Akuntansi Syariah STEI SEBI. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari jawaban kuesioner lulusan program studi Akuntansi Syariah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dikirimkan kepada lulusan program studi Akuntansi Syariah. Untuk pemilihan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Teknik analisis data menggunakan pengujian melalui statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), serta uji hipotesis linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, pada pengujian secara parsial motivasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas lulusan, sedangkan pengetahuan akuntansi dan religiusitas berpengaruh secara signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Secara simultan, motivasi, pengetahuan akuntansi, dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap kualitas lulusan. Nilai R Square pada penelitian ini adalah sebesar 0,373 yang berarti 37,3% perubahan tingkat kualitas lulusan dapat dijelaskan oleh variabel motivasi, pengetahuan akuntansi, dan religiusitas, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak teramati dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas lulusan Program Studi Akuntansi Syariah sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang diperlukan.



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.