Detail Cantuman

No image available for this title

Perbankan Syariah

Analisa Dampak Penerapan UU NO.17 Th 2012 Pasal 668 Tentang Sertifikat Modal Koperasi Pada Kegiatan Bisnis Baitul Maal Watamwil (Studi Kasus=BMT Taufin)



Pada penghujung akhir tahun 2012 lalu pemerintah mengeluarkan kebijakan baru tentang Perkoperasian yakni UU No 17 Tahun 2012 sebagai sarana untuk menunjang kebutuhan hukum dan perkembangan Lembaga Keuangan Mikro yang berbadan hukum Koperasi. Salah satu perubahan yang sangat signifikan ialah adanya perubahan pada konsep Sertifikat Modal Koperasi yang menggantikan Simpanan Wajib sebagai modal koperasi. Konsep yang sangat berbeda inilah yang untuk selanjutnya akan diterapkan pada koperasi yang masih menuai pro dan kontra dari beberapa
kalangan. Di tengah pro dan kontra dari beberapa pihak, BMT TAWFIN yang mulai beroperasi di tahun 2012 mulai menerapkan Sertifikat Modal Koperasi sebagai pengganti dari simpanan wajib anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memaparkan dan menjelaskan melalui hasil studi kepustaakan dan wawancara yang dilakukan dengan sejumlah pihak yang terkait dengan regulasi terbaru ini untuk mendapatkan hasil yang lebih mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya dampak positif yang terjadi dengan adanya penerapan UU No 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian pada Kegiatan Bisnis BMT TAWFIN. Dampak tersebut diantaranya ialah modal koperasi menjadi lebih kuat, terjadinya perluasan produk, dan adanya upaya aplikasi yang baru cara penerbitan Sertifikat Modal Koperasi di BMT TAWFIN.



Ketersediaan

S 653/18S 653/18Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 653/18
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 653/18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.