Detail Cantuman

No image available for this title

Perbankan Syariah

Analisa Pengaruh Besaran Pembiayaan Syariah KBMT Al-Jibaal Terhadap Tingkat Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Anggota KBMT Al-Jibaal)



Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan cukup besar bagi pendapatan domestik bruto Indonesia dan penyerapan tenaga kerja. Namun sebagian besar UMKM menghadapi kendala permodalan dan keterbatasan akses pada lembaga keuangan formal. Koperasi BMT (KBMT) merupakan salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang dapat menjadi solusi kendala permodalan pada UMKM. Studi bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana pengaruh pembiayaan mikro syariah KBMT Al-Jibaal terhadap tingkat perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM penerima pembiayaan dari KBMT Al-Jibaal. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang perkembangan usaha UMKM sebelum dan sesudah menerima pembiayaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Statistik Pangkat Tanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pembiayaan syariah yang dilakukan oleh KBMT Al-Jibaal berpengaruh positif terhadap perkembangan UMKM, pembiayaan tersebut terbukti dapat meningkatkan omzet penjualan, jumlah tenaga kerja dan jumlah pelanggan pada UMKM.



Ketersediaan

S 623/18S 623/18Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 623/18
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 623/18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.