Detail Cantuman

No image available for this title

Perbankan Syariah

Dampak Zakat Produktif pada Program Pemberdayaan Ekonomi Berdasarkan Social Return on Invesment (SROI) (Studi Kasus PT Karya Masyarakat Mandiri)



Berbagai program disuguhkan dalam menyajikan penyaluran zakat. Zakat produktif menjadi salah satu jenis zakat yang dapat memberikan manfaat berkelanjutan bagi mustahik zakat. PT KMM menjadi Social Enterprise yang dibentuk oleh DD untuk fokus memberikan program pemberdayaan kepada masyarakat sebagai upaya dalam pengentasan kemiskinan. Sebagai lembaga yang didanai dari dana zakat, PT KMM membutuhkan pembuktian adanya dampak dan besarnya dampak yang terjadi pada program pemberdayaan yang telah dilakukan guna menjadi transparansi dari dana zakat yang telah tersalurkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung dampak yang dihasilkan oleh PT KMM menggunakan Social Return on Investment (SROI) Hasil akhir dari penelitian ini didapatkan rasio SROI sebesar 4,89 :1. Maka dengan kata lain setiap Rp 1 yang di investasikan telah menghasilkan Rp 4,98 manfaat secara ekonomi, sosial dan lingkungan. Artinya program pemberdayaan berupa program Green Hortim M3 yang berwadahkan Paguyuban Sumber Jaya Tani telah mampu memberikan manfaat 4,89 kali lipat lebih besar dari nilai input yang diinvestasikan.



Ketersediaan

S 794/19S 794/19Rak SkripsiTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 794/19
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 794/19
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
41502127
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.