Detail Cantuman

Image of Bisnis Waralaba (Franchise) pada Undang-Undang No. 42 Tahun 2007 dalam Pandangan Abad Syariah

Perbankan Syariah

Bisnis Waralaba (Franchise) pada Undang-Undang No. 42 Tahun 2007 dalam Pandangan Abad Syariah



Dalam Islam, bisnis memiliki posisi yang sangat mulia dan strategis bukan sekedar di perbolehkan dalam Islam melainkan justru di perintahkan oleh Allah SWT. Bisnis yang di jalankan dengan governance yang baik akan lebih memungkinkan untuk tetap sustainable/berlangsung secara baik. Keberlangsungan bisnis syariah harus dijaga untuk kemanfaatan semua pihak, sekaligus manfaat dunia dan akhirat. Di era globalisasi ini sering terdengar kata waralaba/franchise. Transaksi bisnis ini kini mulai marak karena selain biaya murah dan bahan sudah disediakan. Pada saat ini juga terjadi kegairahan pada konsep bisnis yang berbasis syariah. Sedangkan bisnis waralaba saat ini masih banyak menggunakan konsep umum. Bisnis waralaba mempunyai hukum sebagai dasar menjalankan bisnis tersebut dan hukum pada bisnis waralaba adalah Peraturan Pemerintah No.42 Tahun 2007 tentang Waralaba, bisnis waralaba dengan akad Ijarah Salah satu substansi kontrak bisnis waralaba adalah pemberian lisensi (izin) oleh pemberi waralaba kepada penerima waralaba untuk memanfaatkan atau menggunakan Hak Kekayaan Intelektual, dan akad Syirkah akad kerjasama antara dua belah pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dan masing-masing pihak memberikan kontribusi dana (atau kompetensi). Akan tetapi tidak semua akad syirkah dapat diterapkan dalam bisnis waralaba ini hanya ada dua akad syirkah yang dapat diterapkan yaitu; syirkah inan dan syirkah mudharabah. Penelitian ini menggunakan metode study pustaka (Library Research) yaitu menggunakan teori-teori melalui litertur-literatur buku,
jurnal, yang berkaitan dengan ketentuan akad yang digunakan pada UndangUndang Nomor 42 Tahun 2007 tentang bisnis Waralaba.



Ketersediaan

SM 0555/18SM 0555/18DigitalTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SM 0555/18
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SM 0555/18
Tipe Isi
Digital
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Konsep Franchise Fee dan Royality Fee pada Waralaba dalam Pandangan Islamid
Tinjauan Akad Muamalah pada Sistem Waralaba PT Baba Rafi Indonesiaid
Bisnis Waralaba (Franchise) Syariah

Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.