Detail Cantuman

No image available for this title

Perbankan Syariah

Mengungkap Makna Bai' dan Tijarah dalam Al Quran (Penafsiran Ayat-Ayat Ekonomi)



Salah satu bentuk kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh manusia adalah perdagangan. Mekah waktu itu merupakan pusat perdagangan dan perbelanjaan internasional yang besar. Begitu lekatnya Islam dengan aktivitas perdagangan, banyak narasi ayat-ayat al-Qur’an seakan ditujukan kepada para kaum pedagang. Al-Qur’an pertama-tama ditujukan kepada kaum pedagang tercermin dalam bahasa dan gagasannya”. Lebih spesifik, pengungkapan perdagangan dalam al-Qur’an dapat ditemui melalui lafadz bai’ dan tijarah. Dalam tulisan berikut ini dipaparkan
penelaahan secara tematis terhadap lafadz bai’ dan tijarah berikut derivasinya, yang dianalisis dengan menggunakan teori makkiyyah dan madaniyyah dan dikaji secara tematik . Dalam al-Qur’an ayat-ayat yang mengungkap lafaz bai’ dalam berbagai variasinya termuat dalam sebelas ayat yang tersebar dalam surat yang berbeda, sedangkan Pengungkapan lafadz tijarah dalam ayat-ayat al-Qur’an disebut sebanyak delapan kali yang tersebar dalam tujuh surat. Bentuk pengungkapan lafadznya seluruhnya sama dalam bentuk mashdar (ةراجت).



Ketersediaan

SM 0648/19SM 0648/19Rak Studi MandiriTersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SM 0648/19
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SM 0648/19
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
41502041
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.