Detail Cantuman

No image available for this title

Perbankan Syariah

Intellectual Capital Performance Sektor Perbankan Syariah di Indonesia



Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengukur performa intellectual capital Bank Umum Syariah di Indonesia Menurut Persfektif “iB-Value Added Intellectual Capital” (iB-VAIC). Populasi pada penelitian ini, yaitu seluruh Bank Umum Syariah di Indonesia yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Desember 2015. Sampel penelitian ini adalah 11 Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia dengan periode penelitian tahun 2013-2015, dengan pemilihan sampel dengan purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan BUS. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan intellectual capital perbankan syariah menggunakan iB-VAIC. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor iB-VAIC sample penelitian ini adalah 2,103 good performers untuk tahun 2013; 1,508 common performers pada tahun 2014; dan 1,967 common performers di tahun 2015. Selama dua tahun (2014 dan 2015), Maybank Syariah dan Bank Panin Syariah yang memiliki skor iB-VAIC di atas tiga tergolong dalam top performers. Sedangkan di tahun 2013, tidak satupun bank syariah yang masuk kategori top performers. Keterbatasan penelitian ini adalah penggunaan sampel penelitian yang hanya pada bank umum syariah, tidak melibatkan unit usaha syariah, dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.



Ketersediaan

S 474/16S 474/16Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
S 474/16
Penerbit STEI SEBI : Depok.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S 474/16
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

JudulEdisiBahasa
Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2010-2014id
Faktor-Faktor yang Mempegaruhi Intelectual Capital Dislcosure (ICD) (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2013-2015)id

Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya


STEI SEBI REPOSITORY


Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.