Detail Cantuman
Perbankan Syariah
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus: Nasabah Tabungan Investa Cendekia di Bank Syariah Mandiri Cabang Cilegon)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan nasabah tabungan investa cendekia di Bank Syariah Mandiri Cabang Cilegon dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah
tabungan investa cendekia di Bank Syariah Mandiri Cabang Cilegon. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif/ hubungan. Bentuk hubungan antara variabel menggunakan hubungan kausal yaitu hubungan yang
bersifat sebab akibat. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan sebagai variabel yang mempengaruhi yang dibagi kedalam lima dimensi yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert yang diberi skor 5 (sangat baik), 4 (baik), 3 (cukup baik), 2 (kurang baik), dan 1 (tidak baik). Data kemudian dikelompokkan dan dibuat tabulasi berdasarkan kategori kualitas pelayanan dan loyalitas nasabah. Setelah itu, data diolah dengan menggunakan korelasi pearson product moment pada program statistik SPSS 17.00,
Kualitas pelayanan nasabah tabungan investa cendekia di Bank Syariah Mandiri Cabang Cilegon sebesar 74%. Artinya kualitas pelayanan ini cukup diterima oleh para nasabah. Berdasarkan perhitungan dapat dilihat hasil regresi.
Nilai R sebesar 0,632 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah memiliki hubungan yang erat.Nilai R Square atau koefisien determinasi (R2) sebesar 0,400. Angka ini mengindikasikan bahwa kualitas pelayanan mampu menjelaskan loyalitas nasabah sebesar 40% sedangkan selebihnya 60% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan uji regresi secara simultan (uji F) diperoleh nilai F sebesar 53,983. Nilai ini lebih besar dari F sebesar 3,974 yang menunjukan bahwa variabel independen memiliki pengaruh positif terhadap variabel dependen, dan juga dapat dilihat nilai signifikansi yang jauh lebih kecil dari yang disyaratkan 0,000 < 0,05. Artinya variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen dengan kata lain variabel kualitas pelayanan dapat dipakai untuk memprediksi variabel loyalitas nasabah. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah.
Ketersediaan
S 246/12 | S 246/12 | Rak Skripsi | Tersedia |
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
S 246/12
|
Penerbit | STEI SEBI : Depok., 2012 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Eni Nuraeni
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas
Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya
STEI SEBI REPOSITORY
Repositori STEI SEBI dikembangkan sebagai tempat koleksi-koleksi karya sivitas akademika STEI SEBI disimpan & disebarluaskan.